Header Ads Widget

pasang

Gerak Cepat BWSS V Padang, Antisipasi Kemungkinan Terburuk dari Dampak Gempa Pasbar

"Penanganan Darurat yang telah dilaksanakan BWS Sumatera V Padang diantanya adalah, pembersihan jalan dan sungai Batang Talang - Batang Patimah, Pembukaan Alur Batang Patimah, Malampah, dan Pembukaan Alur Batang Nango, di Kenagarian Kajai, Pasbar".


Pasaman Barat, fokusteropong.com - KEPALA Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V) Padang Dr. Dian Kamila, ST, MT, melakukan peninjauan langsung ke lokasi terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman. 

Setelah kedua daerah itu dilanda gempa pada Jum'at (25/2/22) sekitar pukul 08.35 WIB, dengan magnitudo 5,2 SR, dan disusul dengan  gempa bermagnitudo 6.2 SR yang berpusat di Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam peninjauan itu,  Dian Kamila didampingi oleh Kepala Satuan Kerja (Satke) OP Aditya Sidik Waskito, ST, M.Si, M.Sc dan Kepala Seksi OP SDA BWSS V Padang untuk memantau kondisi dan kerusakan infrastruktur dan fasilitas umum akibat gempa tersebut, dan sekaligus menyampaikan bantuan sembako dan masker.

Penanganan Darurat yang telah dilaksanakan BWS Sumatera V Padang diantanya adalah, pembersihan jalan dan sungai Batang Talang - Batang Patimah dengan menggunakan excavator milik BWSS V Padang. Pembukaan Alur Batang Patimah, Malampah, dan Pembukaan Alur Batang Nango, di Kenagarian Kajai, Pasaman Barat.

Sementara itu juga telah dilakukan pembersihan material longsoran dari Gunung Talamau yang menghantam pada kawasan sisi selatan, yang merupakan perladangan  warga di Kenagarian Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. 

Diketahui kawasan inilah yang berpotensi menjadi alur luncuran  material longsoran dan banjir  bandang, yang dapat mengakibatkan rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan di kawasan Nagari Malampah hingga Padang Gantiang di Kecamatan Tigo Nagari.

Untuk itu, pihak BWSA V Padang telah pula melakukan penggalian (kanalisasi), pada Sabtu (26/2/22) di jalur sungai untuk menghindari terjadinya hantaman longsoran dan banjir susulan, bila hujan mengguyur kawasan  Gunung Talamau.(ft)

Posting Komentar

0 Komentar