Header Ads Widget

pasang

SMAN 1 Harau Kaksanakan Pesantren Ramadhan, Siswa Yang Beraqidah dan Berakhlatul Khorimah

                          Drs. Afrizal 

Limapuluhkota, Fokusteropong. Com-Ramadhan merupakan bulan yang istimewa karena pada bulan ini terjadi salah satu peristiwa penting bagi umat islam yakni turunnya Al Quran. al Quran diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi manusia dalam menjalankan perannya sebagai khalifah di muka bumi sekaligus sebagai hamba Allah SWT.


SMAN 1 Harau selama bulan ramadhan melaksanakan pesantren ramadhan dalam rangka meningkatkan aqidah serta siswa yang berkarakter dan berakhratul khorimah. 

Kepala Sekolah SMAN 1 Harau Drs.  Afrizal mengatakan kepada media bahwa Pesantren Ramadhan bagi seluruh siswa kelas UX dan X. Dengan mengusung tema “ Membentuk Karakter Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah” diharapkan seluruh siswa mengikuti dan memahaminya. 


Pesantren Ramadan di SMAN 1 Harau dimulai dari pukul 08.00 – 13.00 WIB dan dilaksanakan dari tanggal 9 sampai dengan 23 April. Sedangkan materi yang dilaksanakan dalam pesantren tahun ini adalah Ibadah meliputi Shalat Dhuha,aqidah sejarah perjuangan PDRI,serta materi lainnya

Disampaikannnya bahwa dari jam 8.00WIB oesantren itu dilaksanakan dimushollah dengan disertai sholat berjamaa, selanjutnya dari jam 10.WIB sampai dengan waktu zhuhur dilaksanakan dikelas masing2 dengan 1 orang guru pembimbing dengan materi yang telah disusun.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama serta menumbuhkembangkan arah kepada Allah SWT. Di tengah pergaulan bebas yang semakin tidak terkendali, SMA Baiturrahmah membentuk peserta didik yang memiliki karakter keislaman yang kuat .Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tersebut salah satunya dibentuk melalui kegiatan pesantren ramadhan ini.Sehingga nantinya SMA yang dipinpinnya ini  terus menghasilkan generasi yang beriman serta berilmu. 

Dikatakannya juga bahwa kegiatan pesantren ramadhan ini tidak dilakukan disekolah saja,  tetapi juga dilaksanaksanakan dikediaman masing2 siswa. Para siswa itu diberikan buku panduan yang ditandatangani nantinya oleh pengurus mesjid, sehingga dari sekolah bisa dipantau kegiatan siswa tersebut bisa berlanjut dikediamannya masing, sehingga kegiatan sholat berjamaah dan kegiatan lainnya yang mendidik siswa berakhlaq yang berakhratul khorimah bisa terwujud nanti. 

Diutarakannta juga bahwa di bulan yang penuh kemuliaan ini, marilah kita berlomba-lomba meningkatkan kulaitas diri, berbenah diri. dalam berbenah diri kita bisa melakukan berbagai cara diantaranya membaca Al Quran dan maknanya,sholat berjamaah, menjalankan puasa, ujar Afrizal. (Antoncino) 

Posting Komentar

0 Komentar