Header Ads Widget

pasang

Melalui Program P3-TGAI, BWSS V Padang bersama Masyarakat Perkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi

Padang, fokusteropong.com - PROGRAM Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-TGAI) adalah program padat karya tunai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN untuk mendukung salah satu agenda prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2025, yaitu memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.


Dan untuk Sumatera Barat, Kapala Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS) Padang, DR. Dian Kamila, ST. MT, terus memantau dan memonitor pelaksanaan kegiatan P3-TGAI yang dikelola oleh Operasi dan Pemeliharaan (OP), agar pengerjaannya optimal dan sesuai dengan perencanaan.

Hal ini dibuktikan dengan kunjungan monitoring dan evaluasi Kepala BWS Sumatera V Padang Dian Kamila ke beberapa lokasi pekerjaan. Diantaranya Pekerjaan Pembangunan Embung Lasuang Batu (lanjutan), Pekerjaan Pembangunan Sarana Prasarana Pengendali Banjir Batang Suliti, dan tinjauan pada pelaksanaan P3-TGAI di Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, pada Senin (10/10/22).

Serta kunjungan Kepala BWSS V Padang ke dua lokasi pekerjaan P3-TGAI, Kunjungan Kepala BWS Sumatera V Padang di dua lokasi pekerjaan P3-TGAI bersama PPK OP SDA IV pada Rabu (12/10) ke DI Ujung Gunung Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman yang dilaksanakan oleh P3A Sariak Saiyo Sejahtera. Lokasi lainnya dilaksanakan oleh P3A Bancah Basung DI Banda Guguak Nagari Talu Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (12/10/22).

Dalam kegiatan tersebut Kepala BWSS V Padang DR. Dian Kamila didampingi oleh Kepala Seksi KPISDA, Kepala SNVT PJPA dan PJSA Batang Hari, PPK Air Tanah dan Air Baku PJPA Batanghari beserta PPK OP SDA IV.

Disela-sela kegiatan tersebut Dian Kamila mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) mengemban tugas penting untuk melaksanakan P3-TGAI melalui anggaran yang bersumber dari APBN 2022. Untuk BWSS V Padang, di sejumlah daerah penerima progran P3-TGAI.

Sementara itu dikesempatan terpisah, Kepala Satuan Kerja (KaSatker) OP, Aditya Sidik Waskito, ST, M.Si, M.Sc menyampaikan, pelaksanaan program P3-TGAI TA 2022 ini, dapat menjadi program yang mampu membangun kebersamaan petani dalam memafaatkan air untuk irigasi melalui saluran yang telah dibangun hingga pada akhirnya tercipta kedaulatan pangan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah pedesaan.

"Ini menjadi sebuah bentuk komitmen bersama dan bukti bahwa kita telah mengemban tugas dan amanah untuk melaksanakan program P3-TGAI TA 2022. Hasil Pekerjaan Kegiatan P3-TGAI ini agar kiranya dipelihara dan dipergunakan sebaik- baiknya, dan apabila masih ada saluran yang ingin ditingkatkan atau dilanjutkan maka dapat diusulkan kembali tahun depan", harap Aditya Sidik Waskito mengakhiri.(ha)

Posting Komentar

0 Komentar