Header Ads Widget

pasang

Peringatan Harkopnas ke-76 Dipusatkan di Sumbar, Kota Padang Sebagai Tuan Rumah Siap Sukseskan

Nurdin Halid dan Irwan Basir 

Padang, fokusteropong.com - GUBERNUR Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian secara resmi me-launching peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 tahun 2023 pada Jumat (28/10/22) di Auditorium Gubernuran Sumbar.


Ditunjuknya Sumbar sebagai pelaksana Harkopnas ke-76 ini merupakan suatu penghargaan bagi masyarakat Sumatera Barat khususnya insan koperasi.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dekopin Pusat yang mempercayakan kepada kami sebagai pusat pelaksana kegiatan ini. Sumatera Barat siap melaksanakan dan mensukseskan kegiatan akbar ini. Untuk itu kami akan berkordinasi nantinya dengan Kementerian Koperasi dan UMKM dan pengurus Dekopin," ucap Asisten II ini.

Ketua Dekopin Pusat DR (HC) Drs. H.A.M Nurdin Halid dalam sambutannya mengatakan, ditunjuknya Sumatera Barat sebagai pelaksana Peringatan Puncak Hari Koperasi Nasional ke-76 ini karena Sumatera Barat dinilai sukses dalam mengembangkan dan memajukan badan usaha koperasi. Di samping itu, propinsi yang dikenal dengan Ranah Minang ini adalah tempat lahirnya seorang tokoh besar yang merupakan salah seorang proklamator bangsa dan penggagas lahirnya koperasi. 

"Di Ranah Minang ini lahir seorang tokoh besar, salah seorang Bapak Proklamator dan seorang penggagas laihirnya koperasi. Beliau adalah Mohammad Hatta atau Bung Hatta yang kita gelari Bapak Koperasi. Jadi tidak heran, kalau di Sumatera Barat koperasi bisa tumbuh dan berkembang begitu pesat dan menjadi badan usaha ekonomi rakyat karena koperasi sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat minang," ungkap Nurdin Halid.

Lebih lanjut dikatakan, peringatan Harkopnas nantinya akan diisi dengan berbagai macam kegiatan. Namun ada yang menjadi kegiatan utama dari banyaknya kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya adalah puncak peringatan Harkopnas, kegiatan Expo dengan mempromosikan bentuk hasil usaha dari insan koperasi yang ada di seluruh Indonesia dan kegiatan seminar yang melibatkan pemerintah, pelaku usaha koperasi dan badan, tambah Nurdin Halid.

Sementara itu, Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan, untuk menyambut peringatan Harkopnas tahun 2023 ini, Dekopinwil bersama Pemerintah propinsi Sumatera Barat akan menggelar berbagai macam kegiatan dan perlombaan. Ini dimaksudkan agar puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ini lebih gebyar dan meriah dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatera Barat. Kita ingin membuat Bung Hatta selaku Bapak Koperasi selalu tersenyum dengan kemajuan badan usaha koperasi di tanah kelahirannya. 

"Dalam rangka menyambut peringatan Harkopnas tahun 2023 ini, Dekopinwil bersama Pemerintah propinsi Sumatera Barat akan menggelar berbagai macam kegiatan dan juga perlombaan. Ini dimaksudkan agar puncak peringatan Hari Koperasi Nasional di Sumatera Barat lebih gebyar dan meriah dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatera Barat. Kita ingin membuat Bung Hatta selaku Bapak Koperasi selalu tersenyum melihat kemajuan badan usaha koperasi di tanah kelahirannya. Pokoknya, Sumatera Barat bersama seluruh Dekopindanya siap mensukseskan Harkopnas 76 ini," ucap Ketua Dekopinwil ini.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, yang hadir pada acara launching tersebut, saat dimintai tanggapannya mengatakan, penunjukkan Propinsi Sumatera Barat sebagai pusat peringatan Harkopnas oleh Dekopin Pusat tentu sudah melalui kajian yang matang oleh Dekopin Pusat. Ini adalah suatu penghargaan kepada daerah kita. Apalagi di Provinsi Sumatera Barat pergerakkan Koperasi sebagai badan usaha ekonomi rakyat selalu berkembang dan maju.

"Kita sangat bangga dijadikannya Propinsi Sumatera Barat sebagai pusat peringatan Harkopnas oleh Dekopin Pusat. Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari Dekopin dan juga kepercayaan. Seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Gubernur dan juga Ketua Dekopinwil Sumbar, Peringatan Harkopnas ini harus kita sukseskan. Padang sebagai tuan rumah, kami selaku Ketua Dekopinda Kota Padang, akan segera berkoordinasi nantinya dengan Dekopinwil dan juga dengan Bapak Walikota. Pokonya kegiatan ini harus kita sukseskan sebagai mana harapan Bapak Gubernur tadi," ucap Irwan Basir.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Koperasi Sumbar, Kapolda Sumbar, Danrem, Kepala Daerah se-Sumatera Barat, Ketua Dekopinda kab/kota se-Sumatera Barat, serta BUMN dan BUMD se-Sumatera Barat.(***)

Posting Komentar

0 Komentar