Header Ads Widget

pasang

Lapangan Cindua Mato icon Kota Batusangkar ini bisa kembali dinikmati oleh masyarakat

 Tanah Datar (SUMBAR), Fokusteropong .com – Kabar gembira bagi masyarakat Tanah Datar, Lapangan Cindua Mato dibuka kembali. Setelah sekian lama ditutup akhirnya icon Kota Batusangkar ini bisa kembali dinikmati oleh masyarakat


Tanah Datar.

Hari ini Jum’at (27/01) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat secara resmi telah menyerahkan Pengelolaan Sementara Lapangan Cindua Mato kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanah Datar. Acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima pengelolaan Sementara Lapangan Cindua Mato digelar di Indojolito Batusangkar.

Acara dihadiri Kepala Balai Pemukiman Wilayah Sumatera Barat Kusworo Darpito beserta rombongan, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Asisten Ekobang Abdul Hakim, Plt Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi, Kadis Kominfo Yusrizal serta undangan lainnya.

Kusworo Darpito dalam sambutannya mengatakan, dengan diserahkannya pengelolaan Lapangan Cindua Mato dan Berita Acara Serah Terima (BAST) serta Hibah Barang Milik Negara kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, diharapkan dapat dikelola secara maksimal dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

“Melakukan perawatan bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, tentu tidak bisa dilakukan hanya oleh Pemerintah saja tetapi harus didukung penuh partisipasi masyarakat. Masyarakat juga harus ikut menjaga aset milik Negara dengan menjaga kebersihan dan keamanan. Bersama-sama pasti hasilnya akan lebih baik, dengan perawatan yang baik maka akan mendatangkan manfaat yang lebih maksimal,” ujar Kusworo.

Eka Putra selaku Bupati Tanah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Balai Pemukiman Wilayah Sumatera Barat.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, daya menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Balai Prasarana Wilayah Sumatera Barat beserta jajarannya yang telah menggagas beberapa kegiatan pembangunan di Tanah Datar,” ujar Eka Putra.

Eka katakan, setelah sekian lama renovasi Lapangan Cindua Mato yang sempat mengalami masalah, akhirnya bisa dibuka kembali dan bisa dinikmati oleh masyarakat Tanah Datar.

“Kita tahu kegiatan ini sudah lama kita nanti-nantikan dan akhirnya yang kita tunggu-tunggu datang juga. Proses renovasi dan pengembangan Lapangan Cindua Mato ini memang cukup menyita waktu. Namun dengan diserahterimakan pengelolaannya hari ini kita semua masyarakat Tanah Datar sangat bersyukur. Tentunya Pemda Tanah Datar akan merawat dan menjaganya dengan baik,” lanjutnya.

Eka katakan, dikembalikannya pengelolaan Lapangan Cindua Mato merupakan angin segar yang sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat Tanah Datar, karena fungsi dari Lapangan Cindua Mato sebagai taman kota menjadi kebutuhan bagi masyarakat sekitar yang Insya Allah tidak lama lagi akan dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.

“Setelah diserahkan kepada kami tentunya kami akan berbenah dan bersiap-siap bagaimana pengelolaan yang baik, pengawasan yang baik dan perawatan yang baik terhadap Lapangan Cindua Mato ini. Lapangan ini mulai dibangun dimasa pemerintahan almarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi dan hari ini diserahterimakan dan akan segera bisa dimanfaatkan oleh khususnya masyarakat Kota Batusangkar,” tambah Bupati.

Dalam kegiatan ini lanjut Bupati, juga akan dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara dari Balai Prasarana Wilayah Sumatera Barat kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yaitu pembangunan penyediaan PSD pemukiman rawan bencana yang dianggarkan dan dibangun pada tahun 2013 yang lalu dengan anggaran 1,5 milyar rupiah.

Selanjutnya juga ada pengembangan SPAM di kawasan Masjid Miftahul Jannah Sumanik Kecamatan Salimpaung yang dianggarkan pada tahun 2018 dengan besaran lebih kurang 130 juta rupiah, dan yang terakhir ada penataan kawasan Nagari Tuo Pariangan yang dianggarkan pada tahun 2021 dengan anggaran lebih kurang 4,3 milyar rupiah yang akan diterima langsung oleh KAN Nagari Pariangan.

“Tentunya dengan penyerahan pengelolaan sementara Lapangan Cindua Mato dan BAST serta hibah barang milik negara kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Barat. Tentunya ini menjadi tugas berat bagi kami untuk dapat menjaga dan mengelola aset-aset ini dengan baik dan maksimal, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat kabupaten Tanah Datar,” sampai Bupati.

“Sekali lagi sayq mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Barat beserta seluruh jajarannya. Hari ini saya sebagai Kepala Daerah merasa lega karena bagaimanapun sayalah yang bertanggungjawab terhadap pembangunan-pembangunan yang ada di Tanah Datar ini. Walaupun itu dibangun oleh pusat namun sebagai Kepala Daerah saya juga bertanggungjawab. Untuk itu tolong sampaikan terima kasih kami kepada Bapak Menteri, Dirjen dan seluruh jajaran Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Barat baik yang hadir langsung disini maupun tidak,” pungkasnya.

Usai penandatanganan Berita Acara, Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Kepala BPPW Sumbar Kusworo Darpito didampingi Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Asisten Ekobang Abdul Hakim dan lainnya membuka secara Simbolis Lapangan Cindua Mato dan berkeliling meninjau situasi dan kondisi Lapangan Cindua Mato pasca renovasi.

Disela-sela kegiatan tersebut, Bupati Eka Putra kembali mengajak masyarakat Tanah Datar untuk bersama-sama membantu menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan Lapangan Cindua Mato, taman kota yang menjadi icon Kota Batusangkar tersebut.(AC) 

Posting Komentar

0 Komentar