Header Ads Widget

pasang

Pecah!… Ribuan Masa Turun Kejalan Serukan Aksi Peduli Palestina di Payakumbuh



Payakumbuh, Fokusteropong. Com – 
Ribuan massa turun ke jalan untuk menyuarakan dukungan mereka bagi rakyat Palestina yang tengah menghadapi tragedi kemanusian. Aksi yang dilaksanakan selepas shalat Jum’at (27/10/2023) tersebut dimulai dari titik kumpul Gor M Yamin. Massa bergerak longmarch menuju Jalan A Yani dan berkumpul di Tugu Adipura pusat Kota Payakumbuh.

Koordinator lapangan, Ustadz M Shiddieq Al-Minangkabawy mengatakan, massa yang berkumpul tumpah ruah ke jalanan. Ketika massa sudah sampai di Labuh Basilang, “ekor” nya masih belum bergerak di Gor M Yamin. Ketika massa sampai di Tugu Adipura Kota Payakumbuh, barisan terakhir masih di posisi Labuh Basilang dan di Pasar Ibuh. “Ini membuktikan kecintaan masyarakat kita kepada Palestina,” ujar beliau dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (28/10/2023) di Posko Panitia, Gedung Training Collage Payakumbuh.

Setelah massa berkumpul di Tugu Adipura, dilaksanakan orasi kemanusian dari perwakilan ormas dan alim ulama. Selain MUI Kota Payakumbuh sebagai inisiator acara, tak ketinggalan dari mahasiswa, komunitas, pesantren, dan sekolah-sekolah, juga turut memeriahkan dengan penampilan atraksi. Bahkan kaum “emak-emak” yang tak kalah semangat juga hadir membacakan puisi yang membuat massa berurai air mata.

Di lain pihak Wakil Koordinator lapangan Zakiyati Salma M.A mengatakan, Bisa kita saksikan hari ini kita membaur untuk menyatakan solidaritas untuk palestina, semata mata mereka memang saudar saudara kita, terlepas dari mereka satu ras,satu agama, satu kebangsaan itu tidak menjadi persoalan lagi yang paling penting sekarang itu adalah masalah kemanusiaan.Apapun yang terjadi dengan kondisi saudara saudara kita di Palestina,kita harus bergerak semuanya,Labbaika YaAqsa’ Ujar aktifis perempuan sekaligus ketua Syafiyah Community ini lantang.

Selain kegiatan longmarch dan orasi kemanusiaan sebagai syi’ar dakwah kepada masyarakat Kota Payakumbuh, panitia juga menggalang dana yang akan dikirim ke Palestina. Ustadz Shiddieq mengatakan, saat ini panitia masih sibuk donasi yang terkumpul. Rencananya akan disampaikan secara resmi melalui konfrensi pers.

Posting Komentar

0 Komentar