Header Ads Widget

pasang

Kesbangpol Payakumbuh Mulai Seleksi Calon Anggota Paskibraka

 


Payakumbuh,


Dalam menyongsong suksesnya penyelenggaraan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang, karena itu Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Payakumbuh terus mematangkan persiapan menuju hari kemerdekaan tersebut. Salah satu dalam menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).


Untuk itu, Kesbangpol Kota Payakumbuh sudah melakukan rekrutman calon anggota Paskibrakan bagi siswa siswi SMA, SMK dan MA di Kota Payakumbuh. Kepala Kantor Kerbangpol Kota Payakumbuh Dipa Surya Persada mengatakan, pendaftaran untuk calon Paskibraka Kota Payakumbuh sudah dibuka secara online sejak awal Maret lalu.


"Ada 317 siswa-siswi kelas 10 dan 11 yang mendaftar dari 25 sekolah. Untuk hari ini kita lakukan seleksi administrasi termasuk cek postur tubuh," ujar Dipa pada Selasa (26/3) siang di Balaikota Payakumbuh.


Seleksi calon Paskibraka itu, termasuk tinggi badan serta kesiapan mental termasuk wawasan dan wawancara. Dari 317 yang mendaftar itu, nantinya diseleksi menjadi 27 pasang untuk mengikuti pelatihan selanjutnya. 


"Tinggi minimal bagi siswa 165 dan 160 bagi siswi. Seluruh calon yang mendaftar diukur secara detail. Apabila ada tingginya yang tidak memenuhi syarat, si calon langsung gugur," katanya lagi.


Diakuinya, seleksi terhadap calon Paskibraka Kota Payakumbuh dilakukan secara transparan, tidak kkn dan semua calon memiliki peluang yang sama. Apalagi pendaftaran dilakukan secara online melalui sistem  aplikasi. Pendaftaran saling terkoneksi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 


Kemudian, Dipa menjelaskan, dari 27 pasang yang nanti terseleksi, 3 pasang dengan nilai rangking tertinggi berhak mengikuti seleksi sebagai calon Paskibraka tingkat propinsi.


"Baru tahun ini seleksi anggota Paskibraka dilakukan oleh Kantor Kesbangpol. Dulu seleksi ini berada dibawah naungan Kepemudaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Mudah-mudahan nanti ada anak dari Kota Payakumbuh terpilih sebagai Paskibraka Nasional," ujarnya lagi. (*)

Posting Komentar

0 Komentar