Header Ads Widget

pasang

Sebanyak 126 Pedagang Akan Tempati Pasa Pabukoan di Jalan Sutan Usman

 

  Arnel Kabid Pasar Dinas Koperasi dan UKM 


Payakumbuh, Fokusteropong.com-Pasar Pabukoan merupakan Pasar yang hadir di setiap pelosok negeri pada bulan Ramadhan atau lebih sering disebut bulan puasa. 


Seluruh bentuk jajanan, sambal, atau lauk masak,  kue-kue, minuman aneka bentuk dan pesona digelar di lapak-lapak oleh masyarakat pedagang, ada mereka yang betul-betul berprofesi tetap sebagai pedagang makanan di rumah makan. Ada yang rutin menjual sambal masak atau lauk yang sudah dimasak di pasar Ibuah atau  di pasar pusat (pasar di terminal sago kota Payakumbuh) dan ada juga yang hanya berjualan di bulan Ramadhan saja. 
     
Pasar pabukoaan tersebut sangat digemari oleh masyarakat. Mulai jam 11.00, puluhan atau bisa ratusan pedagang menggelar masakannya di lapak yang disediakan oleh Dinas Pasar atau sekarang Dinas Koperasi dan UKM. Mulai jam 14.00 atau jam 15.00 pengunjung mulai datang mencari lauk atau sambal serta kue-kue serta minuman untuk berbuka puasa sore nanti. 

Untuk tahun.2024 ini pasa pabukoan tetap dilaksanakan di jalan Sutan Usman pusat Jota Payakumbuh, dan Kamis (07/03/24) kemaren lotting tentang penempatan tempat oleh pedagang tersebut telah dilaksanakan, ujar Kabid Pasar Arnel.

Kabid Pasar Arnel yang mewakili Kadis Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Faisal menyampaikan bahwa pada Kamis kemaren telah dilaksanakan pengambilan lot terhadap pedagang pasa pabukoan yang menggelar dagangannya pada bulan Ramadan untuk tahun ini.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa untuk pedagang single sebanyak 77 orang, Doble 42 orang, sedangkan untuk pedagang lamang sebanyak 12 orang. Untuk kesiapan pedagang dalam menggelar dagangannya, pihaknya akan mulai memasang tenda pasa pabukoan tersebut dimulai pada gari Sabtu ini (9/3/24) sampai dengan hari Senen, dan setelah pemasangan tenda tersebut selesai, selanjutnya pada hari Senen tersebut para pedagang sudah bisa menggelar dagangannya, ujar Arnel.

Dikatakannya juga bahwa pusat pasa pabukoan di Kota Payakumbuh ini memang dipusatkan di jln St.Usman, tetapi untuk masyarakat yang ingin menggelar dagangannya  bisa ditempat lain di sudut Kota, dan.selaku Kabid Pasar pads.Dinas Koperasi dan UKM yang mewakili Pemerintah Kota Payakumbuh menghimbau kepada masyarakat yang berdagang di bulan puasa untuk menjaga kebersihan, ketertiban serta keamanan tempat berjualannya, ujar Arnel.( AC Dtk )

Posting Komentar

0 Komentar