Header Ads Widget

pasang

GENERASI MUDA AGAR MEMAKNAI “PDRI”, KHIDMAT, PERINGATAN GUGURNYA 9 SYUHADA DI TITIAN DALAM

Limapuluh Kota, fokusteropong.com - BANGSA yang besar bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. Nuansa itu mengemuka saat mengingat kembali peristiwa  heroik 73 tahun lalu di Titian Dalam, Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 10 Januari 1949,  takkala sembilan putera terbaik Luak Limo Puluah menjadi syuhada dalam mempertahankan  Negara Kesatuan Republik Indonesia di masa Agresi Miliiter ke-2 Belanda, yang dimulai pada 1948.  Kesembilan  pejuang, yakni Syarif MP, Engku Kayo Zakaria, Dirin, Nuin, Radian, Manus, Nyik Ali, Abas dan Mak Dirin, semuanya gugur ditembaki Belanda saat melakukan pengerusakan jembatan untuk menyabotase pergerakan  pasukan Belanda ke Koto Tinggi yang bertujuan untuk  melemahkan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.  Episode Agresi Militer ke-2 Belanda berlangsung dari tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 13 Juli 1949. 


Dipimpin langsung Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo peringatan peristiwa mengenang kembali gugurnya sembilan kusuma bangsa dalam  Upacara Tabur Bunga/Ziarah pada Senin (10/01/2022) di Titian Dalam, Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh berlangsung khidmat.  Upacara memperingati salah satu peristiwa paking berdarah dalam rangkaian sejarah Pemerintah Darurat Republik Indonesia  (PDRI) juga tak bisa dilepaskan dari rangkaian peringatan Hari Bela Negara setiap tanggal 19 Desember setiap tahunnya. 


Dalam upacara yang dibayang-bayangi cuaca mendung, Bupati Safaruddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum mengingat kembali perjuangan para syuhada dalam peristiwa bersejarah bangsa  di Titian Dalam. Selain itu Bupati juga mengingatkan peristiwa Titian Dalam memiliki arti penting perjuangan para pahlawan terhadap keberlangsungan PDRI. "Rentetan peristiwa bersejarah yang terjadi di Limapuluh Kota harus disampaikan kepada anak cucu serta elemen masyarakat Limapuluh Kota", tutur Bupati. 


Di bagian lain amanatnya Bupati Safaruddin menyatakan, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Limapuluh Kota pada zaman PDRI harus disebarkan secara luas kepada masyarakat terkhusus bagi generasi muda Limapuluh Kota. Kedepan Pemerintah Daerah akan memberikan pendidikan dan pengetahuan sejarah ini kepada pelajar SD dan SMP di Limapuluh Kota.  Untuk itu, pesan Bupati Safaruddin, “Generasi muda hendaknya benar-benar memaknai perjuangan PDRI diantaranya perjuangan sembilan syuhada yang telah gugur  mengorbankan jiwa dan raganya di Titian Dalam demi negeri ini.” (s)

Posting Komentar

0 Komentar