Header Ads Widget

pasang

Asisten III Ifon Satria Buka Secara Resmi


Payakumbuh,  Fokusteropong. ComWali Kota (Wako) Payakumbuh Rida Ananda yang diwakili Asisten III Ifon Satria Chan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Payakumbuh Junaidi, membuka secara resmi kegiatan buru Babi yang kali ini mengambil lokasi di Bukit Ngalau Bypass, Kecamatan Payakumbuh Barat, Minggu (11/12/22). 

Kegiatan buru Babi yang digelar anak nagari Payakumbuh dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-52 ini tampak luar biasa semarak karena diikuti oleh ribuan penghobi buru Babi yang sangat antusias datang dari Provinsi Riau, Jambi serta seluruh penghobi buru Babi yang ada di kabupaten/kota se Sumatra Barat (Sumbar). 

Asisten III Ifon Satria Chan, mewakili wali kota mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah event yang sudah lama di tunggu-tunggu oleh masyarakat penghobi buru Babi pasca pandemi Covid-19 melanda. 

"Berburu Babi adalah warisan leluhur masyarakat Minang. Selain hobi, kegiatan buru babi bahkan sudah menjadi sebuah tradisi bagi sebagian besar masyarakat di Minangkabau. Tidak hanya bertujuan untuk memberantas hama tanaman, event buru babi juga menciptakan multiply effects dan membangkitkan perekonomian di daerah. Sebagai contoh saja, hari ini hampir semua hotel dan penginapan di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota nyaris tidak ada yang kosong," tutur Asisten III.

Ifon menjelaskan, bagi sebagian besar masyarakat Sumbar, Babi merupakan hama tanaman pertanian, karena sering merusak ladang dan tanaman warga, selain unsur olahraganya yang menyehatkan, buru babi juga ikut berkontribusi menopang sektor pariwisata.

Dengan adanya baburu babi ini tentu akan mengurangi hama pertanian, dengan berkurangnya hama babi liar ini otomatis akan meningkat pula hasil pertanian dan perkebunan para petani. Jelas ini sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat khususnya di Payakumbuh. Semoga semangat berburu Babi seperti ini, ke depannya dapat terus dipertahankan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) yang juga anggota DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra, kepada seluruh peserta menyampaikan, selamat menikmati alam Payakumbuh, serta terimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat sehingga terlaksananya kegiatan buru Babi dengan sukses. 

Kepada seluruh peserta, kami mengucapkan selamat menikmati alam Payakumbuh, tak lupa terimakasih kami kepada Pemko Payakumbuh beserta seluruh panitia pelaksana yang telah memberikan perhatian, sehingga suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini. Diharapkan ke depan kegiatan buru Babi ini menjadi kalender tetap khususnya di Kota Payakumbuh," ucapnya

Posting Komentar

0 Komentar