Header Ads Widget

pasang

Cari Camat Terbaik, Pemko Gelar Kompetensi Camat Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2023

 


Payakumbuh, Fokusteropong. com-Untuk mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan pada tingkat kecamatan, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui bagian pemerintahan Sekretariat Daerah Kota menggelar Kompetensi Camat Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2023.

Dalam laporan panitia pelaksana, Plt. Kabag Pemerintahan Setdako Atemugiarae atau yang akrab di sapa Ara, mengatakan jika kegiatan itu diikuti oleh empat orang Camat dan hanya berlangsung dalam satu tahapan saja, dimana Camat akan dinilai dalam penyampaian ekpose dan sesi wawancara,” ungkap Ara kepada media, Senin (17/07/23).

“Berhubung Camat Payakumbuh selatan akan memasuki purna tugas, maka pada kesempatan ini beliau tidak ikut serta untuk berkompetisi bersama rekan Camat lainnya,” tambah Ara.

Mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat kepada seluruh Camat yang ikut serta, Penjabat Sekretariat Daerah Dafrul Pasi mengatakan jika dirinya sangat mendukung penuh kegiatan kompetensi Camat tersebut, karena dengan kegiatan ini, para Camat dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya,” ujar Dafrul.

“Para Camat dalam kompetensi ini dituntut untuk dapat menciptakan inovasi baru dalam mewujudkan pelaksanaan Pemerintahan yang terdepan, sehingga dapat terciptanya masyarakat yang sejahtera,” ucap Dafrul lagi.

Menurut Sekda Dafrul pemerintahan kecamatan merupkan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat, hal ini yang kemudian menjadikan Camat sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan,” terangnya.

“Tentunya Camat juga menjadi perwujudan program pemerintah daerah hingga pusat, yang saat ini menjadi program utama yakni dalam mengatasi kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi serta penanganan Stunting,” bebernya.

Dalam kompetensi Camat sebelumnya, Dafrul mengatakan jika selama ini pemerintah Kota Payakumbuh hanya sampai pada posisi enam besar di tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), dan belum pernah masuk sampai tigForkopimda.

Tidak muluk-muluk, harapannya tiga besar dan jika bisa lebih bagus lagi dapat mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat regional di nasional,” pintanya.

Lebih lanjut, terhadap para tim penilai, Dafrul berharap nantinya dapat menggali pemahaman dan wawasan para Camat terhadap aturan perundang-undangan dan regulasi keuangan serta aturan lainnya yang berguna dalam menggerakkan roda pemerintahan.

“Semoga dengan kompetensi ini, kita mendapatkan duta dari Pemerintah Kota Payakumbuh yang dapat membawa Pemko Payakumbuh menjadi lebih indah lagi hingga ke tingkat nasional,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, selaku ketua tim penilai, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Elfriza Zaharman turut memberikan motivasi dan dukungan kepada para Camat dengan menyampaikan pengalaman dari Sekda Dafrul Pasi di tahun 2010 silam.

“Mari kita rebut kembali tongkat komando yang telah lama tidak kembali ke Kota Payakumbuh. Dimana terkahir di tahun 2010 bapak Dafrul Pasi telah menjadi yang terbaik ke tingkat nasional mewakili Provinsi Sumbar,” tukasnya.

Terlihat hadir dalam mendukung kompetensi Camat tingkat Kota Payakumbuh itu, kepala OPD dan se Kota Payakumbuh, perwakilan niniak mamak dan Bundo Kanduang, Forkopimda

Posting Komentar

0 Komentar