Header Ads Widget

pasang

Pengurus LKAAM se-Sumbar Study Tiru ke Bali

Kegiatan study tiru LKAAM se_Sumbar di Bali

Padang, fokusteropong.com - DR. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuk Nan Sati selaku Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Provinsi Sumatera Barat, langsung memimpin kegiatan study tiru pengurus LKAAM Kabupaten dan Kota se Sumbar plus Pengurus LKAAM Provinsi ke Pulau Dewata, Bali.

Pengurus LKAAM kabupaten dan kota yang ikut adalah Ketua dan Sekretaris. Sedangkan unsur LKAAM Provinsi terlihat Waketum 1, Drs. H.Syafrizal Ucok Dt. Nan Batuah yang juga Ketua LKAAM Pesisir Selatan dengan Sekretaris Ir.Syarfi Herpindo Dt. Gamuak, Sekum LKAAM Sumbar Drs. Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang, Ketua Harian Dr. Amril Amir Dt. Lelo Basa dan pengurus lainnya yakni Zulnadi dan Gusfen Khairul dari unsur Humas dan Azhar Nuri Dt. Rajo nan Putiah.

Kenapa ke Bali, “Karena Bali terkenal dengan adat dan budayanya yang cukup unik dan menarik,” tulis Fauzi Bahar lewat pesan WhatsApp, Selasa (11/7/23) kepada integitasmedia.

Kunjungan ini memanfaatkan dana Pokir anggota dewan Daswippetra Dt. Manjijiang Alam dari Partai Persatuan Pembangunan dengan pelaksana Dinas Kebudayaan Sumbar, diikuti sebanyak 70 orang dengan kegiatan selama 4 hari (9-12 Juli 2023), tambahnya.

Diterangkannya lagi, Suku Bali merupakan salah satu suku yang mempunyai asal usul yang cukup unik. Keunikan Suku Bali dapat dijumpai dari segi bahasa kuno Suku Bali, kebudayaan dan sistem kekerabatan dan adat istiadat Bali yang menjadikan Suku Bali dikenal baik oleh masyarakat di Indonesia dan mancanegara.

Selama di Bali rombongan, Senin diterima Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali dengan agenda Konsultasi tentang Desa Adat Bali dilanjutkan kunjungan lapangan ke salah satu Desa Adat dipandu oleh Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Bali.

Selasa (11/7/23) kunjungan dilanjutkan lagi meninjau beberapa desa adat yang direkomendasikan Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, beber Ketua LKAAM Sumbar itu.


Rombongan LKAAM Sumbar Diterima Wakapolda Bali

Sementara kunjungan ke Kapolda Bali dipimpin Drs. Jasman Rizal, MM. Dt. Bandaro Bandang selaku Sekjen LKAAM disambut oleh Wakapolda Bali, Brigjen. Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si, di gedung Rupatama Polda Bali yang didampingi Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, SIKm, M.Si selaku Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali, Selasa (11/7/23). 

Wakapolda Bali dalam sambutannya mengatakan, sangat senang bisa berbagi sedikit pengalaman terkait apa saja yang telah dilakukan Polda Bali selama ini termasuk berbagi pengalaman tentang bagaimana menjalani event Lokal, Nasional maupun Internasioal.

Wakapolda Bali dalam paparannya juga menjelaskan, ada beberapa sistem yang dijalankan Polda Bali seperti Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) yang merupakan inovasi Kapolda Bali, Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra lahir dari proses Polri Belajar Polda Bali yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan inklusif, serta adaptif dengan perkembangan masyarakat Bali.

Sementara itu, Drs. Jasman Rizal, MM. Dt. Bandaro Bandang mewakili Ketua LKAAM Sumbar mengucapkan, terimakasih karena sudah menerima kami dengan baik, dan mengucapkan terimakasih karena sudah berbagi pengalaman yang sudah dijalani Polda Bali.(ha)

Posting Komentar

0 Komentar