Header Ads Widget

pasang

Batagak Gadang Mandirian Sako Baru Angku Datuak Singo Mangkuto


Agam -Sumbar - Fokusteropong. com
Acara alek batagak gadang mandirian sako Datuak Singo Mangkuto , di 
Ujung Padang Nagari Kampung Tangah Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam(Sumbar) pada hari Sabtu,(20/1/24) berlangsung meriah.

Datuak yang dilewakan Datuak Singo Mangkuto dengan nama Arno,SKM,MPH,Atrizal S.Pd Dt. Mangkuto Nan Basa sebagai panungkek di kaum suku piliang.

Acara dimeriahkan dengan iringan musik tradisional seni budaya minang kabau,seperti pencak silat,tambuah,tansa.
Turut hadir Sekda Agam Drs.H.Edi Busti M.Si,Kejari Agam diwakili Kasi Datun Hadi Saputra SH.MH,Waka Polsek Lubuk Basung Jhoni Djabar beserta jajaran,Camat Lubuk Basung Hidayat Taufik S.STP, ASN Pemda Agam,Wali Nagari Kampung Tangah Gusri Mulyadi S.Hum,Ketua KAN Kampung Tangah Erizal Dt.Mangindo,Ninik mamak dan Tokoh mayarakat serta tamu undangan lainnya.

Sekda Agam Drs.Edi Busti M.Si, mengucapkan , apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini,merupakan bukti nuansa kehidupan beradat kita sangat kental dan masih kita pelihara sampai saat ini khususnya di Kabupaten Agam.

"Kita ingin memperkuat peranan ninik mamak ini,untuk tahun 2024 akan kita beri perhatian sebagai bentuk apresiasi kita tehadap ninik mamak"ungkapnya.

Semoga tokoh adat atau datuak yang sudah dilewakan bisa menjaga amanah serta menjadi pedoman keseharian bagi masyarakat,anak cucu dan keponakan di sekitar.

Atrizal S.Pd Dt.mangkuto nan basa menambahkan,batagak pangulu Dt.Singo Mangkuto ini,membuat sejarah baru dimana alek ini selain dihadiri seluruh ninik mamak di nagari kampung tangah ,juga di hdiri puluhan datuak atau ninik mamak dari kecamatan maninjau, kecamatan IV nagari,nagari tetangga manggopoh,lubuk basung,geragahan dan nagari sekitarnya,kami sangat bangga dan berterima kasih atas kehadiran para ninik mamak atau penghulu tersebut. 

Ini pertanda perhatian terhadap adat dan istiadat sudah mulai bangkit kembali, (Mei Ridwan)

Posting Komentar

0 Komentar