Header Ads Widget

pasang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto kembali menggelar sosialisasi pencoblosan

 


SAWAHLUNTO,  Fokusteropong .com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto kembali menggelar sosialisasi pencoblosan di Kawasan Makam M Yamin Talawi, Selasa (30/1).


Sebelumnya, KPU Sawahlunto juga telah melakukan sosialisasi di pusat kota, beberapa pekan yang lalu.


Dalam sosialisasi itu, KPU menghadirkan ratusan massa yang dilibatkan langsung untuk melakukan simulasi pencoblosan, termasuk dari penyandang disabilitas.


Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Sawahlunto, Hamdani, mengungkapkan bahwa saat ini terdapat kekurangan surat suara sebanyak 1379 atau 0,5% dari kebutuhan surat suara.


Menurutnya, kekurangan itu terjadi setelah dilakukan penyortiran. Namun, sebut Hamdani, saat ini telah dilakukan pengajuan ke KPU RI, melalui KPU provinsi.


"Kita sudah ajukan untuk pengganti kekurangannya ke KPU RI melalui KPU Provinsi, dan sudah ada keterjaminan akan tiba di Sawahlunto sebelum tanggal 2 Februari," sebutnya.


Sedangkan surat suara yamg rusak, imbuh Hamdan, akan dimusnahkan pada H - 1 pelaksanaan Pemilu.


Lebih jauh Hamdani juga mengatakan bahwa bagi warga yang tidak nisa datang ke TPS karena sakit, KPU akan melaksanakan TPS berjalan ke lokasi pemilih.


Namun demikian, ujar Hamdani, Keluarga harus melaporkan terlebih dahulu pada KPPS setempat.


"Ini merupakan prinsip keadilan dalam memaksimalkan pelayanan," ujarnya.


Melalui awak media, Hamdani juga berharap untuk turut membantu sosialisasi ke tengah masyarakat, bahwa pemilih harus membawa KTP atau fotocopy KTP, atau foto KTP, atau kartu identitas lain yang ada foto dirinya. (ap)

Posting Komentar

0 Komentar