Header Ads Widget

pasang

SMAN 1 Harau Siapkan Generasi Emas

 

 

                        Kepsek Afrizal

Limapuluhkota , Fokusteropong.com-Momentum Ramadhan kali ini memang dimanfaatkan secara maksimal oleh SMAN 1 Harau. Apalagi dalam mencetak generasi emas yang religi, Ramadhan adalah waktu yang tepat. Seperti dengan program pesantren Ramadhan.


Dalam menindak lanjuti serta berdasarkan keputusan Gubernur Sumatera Barat tentang pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1445 H, SMA N 1 Harau, laksanakan Pesantren Ramadhan di 4i mesjid  yang dimulai Sabtu ( 16 Maret sd 4 April 2024).

Drs. Afrizal Kepala sekolah SMAN 1 Harau didampingi oleh guru PAI Defend, ,Pd.M.Pd serta Hendriko, S.Pdi guru sejarah  dalam kegiatan ini menyampaikan, ” Kegiatan Pesantren Ramadhan ini kami siapkan mulai dari tanggal 16 Maret 2024 sesuai dengan panduan yang telah di programkan oleh provinsi sumatera barat. Dengan diikuti oleh siswa  siswa mulai dari kelas 10 dan kelas 11, 

Disampaikannya bahwa  Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah membuka secara resmi kegiatan Pesantren Ramadhan Kolaborasi 1445 H/2024 M di halaman Istana Gubernur Sumatera Barat, Rabu (06/03/2024). 

Pelaksanaan pesantren ramadan tersebut dilaksanakan di 4 Mesjid yang berdekatan dengan domisili siswa, dimana para siswa tersebut bisa memilih tempat mereka mengikuti pelaksanaan pesantren ramadan tersebut. 

Keempat mesjid terdekat sekolah itu, yakni mesjid di Nagari Batu Balang, mesjid di Nagari Koto Tuo, mesjid di Naga Sarilamak dan mesjid di Nagari Tarantang.

"Seluruh kegiatan dipusatkan di mesjid. Selama ramadhan, diisi dengan kegiatan keagamaan. Anak didik diwajibkan bisa halaf ayat Alquran," ujar Afrizal lagi.

Dikatakannya bahwa selain dari program Propindi yang dilaksanakan dalam megiatan pesantren Ramadan tersebut, sekolahnya juga menambah materi pembelajaran dengan maateri zikir bersama, asma al-husna, sholawat badar tadarus dan tahvis.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa dengan adanya kegiatan ini, katanya, saya sebagai kepala sekolah serta semua majelis Guru SMA N 1 Harau, dengan harapan dapat memperkuat pengetahuan tentang ke agamaan, keteladanan, akidah, keimanan, serta untuk kehidupan di masa depan, intinya, selesai kegiatan nanti, terjadinya sikap yang berakhlak mulia, saling menghargai dan bagai mana dia berhubungan dengan Allah dan berhubungan dengan abdul minannas,” imbuh Kepsek Afrizal.

Sesuai dengan tujuan dan harapan pesantren ramadhan ini, ungkapnya lagi,
diharapkan seluruh warga sekolah dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia,serta meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, terang 

 Disebutkannya bahwa Seluruh kegiatan dipusatkan di mesjid. Selama ramadhan, diisi dengan kegiatan keagamaan. Anak didik diwajibkan bisa halaf ayat Alquran," ujar Afrizal lagi.

Dikatakannya bahwa siswa kelas 10 difokuskan untuk menghafal surat An,Nabaq serta kelas 11 surat An, Naziat, jika para siswa tersebut belum hafal surat tersebut,  para siswa diwajibkan untuk setor ayat kepada guru pembimbingnya, setiap anak siswa untuk tahvis tersebut berkisar 10-15 siswa untuk 1 guru pembimbing. 

Lebih lanjut disampaikannya bahwa kegiatan pesantren ramadan tersebut adalah dalam rangka  penguatan hafalan ayat Alquran itu, katanya sesuai dengan program Gubernur Sumbar hafiz qurban bagi generasi Ranah Minang. 


"Pesantren Ramadhan sebagai menciptakan anak cinta mesjid dan menjadikan anak rajin beribadah. Ini demi mewujudkan generasi emas yang religi. Khusus di SMAN 1 Harau lebih 600 anak didik yang mengikuti ini," ujarnya lagi, (AC Dtk)

Posting Komentar

0 Komentar