Header Ads Widget

pasang

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Sampaikan Keluhan Petani ke Wamen

Padang Pariaman - Sumbar- Fokusteropong.com
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan Kabupaten Padangpariaman memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Namun, lahan tersebut belum tergarap secara maksimal. Jadi, perlu pengembangan lahan tersebut agar dapat lebih produktif untuk peningkatan ekonomi masyarakat, khusus para petani.

“Sekarang kita melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi dalam rangka memaparkan kondisi lahan pertanian di Kabupaten Padangpariaman belum tergarap. Kita butuh sentuhan pemerintah pusat agar lahan itu maksimal tergarapnya,” kata Suhatri Bur, kemarin.

Dia melakukan pertemuan dengan Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, agar lahan pertanian milik masyarakat Padangpariaman tersebut tergarap secara maksimal. “Sebab, lahan-lahan masyarakat kita itu sangat menjanjikan untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat petani,” katanya.

Makanya, dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan bahwa Kabupaten Padangpariaman merupakan daerah pertanian yang harus dikelola dengan baik. “Sebab para petani kita lahan luas, namun mereka mengeluhkan harga pupuk yang mahal,” ujarnya.

Belum lagi, hama yang saat ini sangat susah diatasi pra petani Padangpariaman, karena hamanya telah menyerang secara membabi buta kepada lahan pertanian masyarakat yang ditanam. Dalam hal tersebut mereka butuh sentuhan pemerintah.Karena itulah kita datangi Kementrian Pertanian RI untuk melaporkan keluhan masyarakat petani kita itu. Bahkan para petani kita mengeluh disamping hama juga bibit unggul yang kurang maksimal mereka dapati saat akan melakukan cocok tanam,” ujarnya.

Tidak itu saja, alat-alat pertanian yang mereka miliki hingga kini yang belum mempuni untuk menunjang penggarapan lahan pertanian mereka ( para petani ) yang luas. “Kita berharap ada program program Kementrian Pertanain sampai ke Padangpariaman,” ujarnya.

Suhatri Bur berharap program-program Menteri Pertanian saat ini dapat menanggulangi permasalahan pertanian di Kabupaten Padangpariaman segera di realisasikan. “Alhamdulillah dalam pertemuan ini pak wamen langsung menanggapi keinginan petani Padangpariaman,” ujarnya.

Suhatri Bur mengatakan, berdasarkan keterangan Wakil Menteri Pertanian tersebut, program Menteri Pertanian di tahun 2023 ini yang berfokus kepada sarana pertanian, peningkatan kualitas pertanian serta peningkatan hasil panen berkualitas.

“Kalau yang disampaikan Wakil Menteri ini dapat membantu masyarakat petani di Kabupaten Padangpariaman, dengan demikian meningkatkan ekonomi masyarakat. Kita Pemkab Padangpariaman akan terus tagih janji Wakil Mentrian Pertanian ini,” tandasnya mengakhiri.(*)

Posting Komentar

0 Komentar