Header Ads Widget

pasang

Erizal Chaniago Wakil Ketua IPSI Pusat,Silat Merupakan Alat Pemersatu Bangsa


Payakumbuh, Fokusteropong,com-Seni beladiri Pencak Silat yang merupakan peninggalan leluhur bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan dikembangkan di setiap pelosok negeri di Indonesia. 



"Pencak silat merupakan olahraga seni beladiri peninggalan leluhur  wajib kita lestarikan sepanjang masa," ujar Erizal Chaniago caleg dari Partai Gerindra nomor urut 2 dari wilayah 2 Sumatera Barat yang juga merupakan Wakil Ketua IPSI pusat.Erizal Chaniago juga Ketua Umum PPS SMI Pusat ( Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia ).



Disampaikannya bahwa sebelum menjabat Wakil Ketua IPSI, sebelumnya dia menjabat sebagai sekjen IPSI Pusat.Disebutkannya bahwa dia mulai jadi pengurus IPSI Pusat dari tahun 1982 sampai dengan sekarang, disamping sebagai Wakil Ketua IPSI Pusat, Erizal Chaniago juga sebagai juri/wasit dunia IPSI serta penasehat dalam berbagai ivent silat dunia.



( Erizal Chaniago dengan Gubes SMI H.Kobar )

Disebutkannya bahwa dengan  melestarikan pencak silat merupakan bagian dari menjaga nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia dan merupakan salah satu alat pemersatu masyarakat, bukan untuk saling bermusuhan.



Dikatakannya “Keunikan – keunikan budaya itu harus dikembangkan. Kalau ini (pencak silat) dikembangkan di semua Nagari, pengurus dari kabupaten/kota kemudian ke kecamatan, lalu ke Nagari-Nagari, maka ini kegunaannya akan luar biasa. Kegunaan dalam arti menyatukan masyarakat lewat budaya, kegunaan untuk bela diri dan bela negara, juga untuk kesehatan,” ucapnya 

Menurut Erizal Chaniago jika pencak silat di tiap – tiap Nagari ada, maka ini harus menjadi budaya, sebagai bela diri, mempertahankan Indonesia bisa melalui bela diri pencak silat.

.

Erizal berharap, pencak silat bisa terus dilestarikan. Untuk itu, menurutnya, pencak silat harus disalurkan dan didukung melalui pendidikan, sehingga bisa menjadi kurikulum pelajaran mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Manfaat pencak silat dimasukan nantinya dalam kurikulum“Mencegah budaya tawuran antar perguruan pencak mungkin termasuk pencak menjadi salah satu yang diusulkan dalam kurikulum pendidikan kita,” pungkas Erizal.chaniago ( AC Dtk )

Posting Komentar

0 Komentar